Friday, August 28, 2015

Manfaat 5 Jenis Buah Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an

Allah menciptakan beragam jenis buah, Setiap jenis memilki rasa dan harum tersendiri meskipun semuanya tumbuh ditanah yang sama dan di siram dengan air yang sama. Dalam kitab suci Al-Qur’an disebutkan sejumlah buah-buahan yang memiliki khasiat untuk mencegah beberapa jenis penyakit. Melalui ayat-ayat Nya Allah meminta manusia agar memperhatikan dan merenungkan segala ciptaanNya yang amat menakjubkan. Semua buah tumbuh dalam tanah hitam yang sama, namun menghasilkan buah yang beraneka bentuk dan rasa serta harum yang berbeda. Sebagai contoh, buah melon tidak pernah berwarna hitam dan tidak pula berbau tanah melainkan berbau khas seperti yang kita kenal. Apapun dan bagaimanapun yang kita lihat dan kita rasa, menjelaskan bahwasannya setiap hal yang telah Allah ciptakan bekerja dengan sistem yang sempurna dan akurat.
Sahabat, apakah anda tahu ternyata ada jenis buah yang Allah sebutkan dalam kitabNya, berikut ini hikmah dan manfaat 5 jenis buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an:
  1. Pisang : pisang adalah salahsatu jenis buah-buahan surga.”berada diantara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon-pohon pisang yang bersusun buahnya, dan naungan yang terbentang luas dan air yang tercurah dan buah-buahan yang banyak yang tidak berhenti berbuah dan tidak terlarang memetiknya (QS. Al-Waqiah:28-33). Pisang mengandung karbonhidrat dan potasium yang banyak. Buah ini bermanfaat untuk penyembuhan demam, mengatasi gangguan sistem pencernaan, kejang-kejang dan terkilir. pisang juga dapat menurunkan tekanan darah, mengobati alergi, meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, juga dapat menyembuhkan anemia. Selain itu kandungan dari vitamin B6 yang terdapat dalam pisang berfungsi menjaga agar otak berfungsi normal.
    manfaat 5 jenis buah yang disebutkan dalam al-qur’an
  2. Anggur: anggur merupakan buah yang bergizi tinggi dan kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. “lalu dengan air itu, kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur, didalam kebun-kebun itu kamu memperoleh buah-buahan yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan” (QS. AL- Mu’minun: 19).  Sekitar 20-20% zat gula dalam anggur dapat larut langsung kedalam darah yang berfungsi mempercepat produksi sel darah. Mengobati liver, ginjal dan membantu mengeluarkan ampas tubuh seperti urea. Para penderita bisul perut, maag, radang persendian, radang usus kecil, rematik dan keracuanan di anjurkan minum jus anggur. Selain itu anggur juga bermanfaat untuk menguatkan organ jantung dan membersihkan darah.
  3. Delima : delima adalah buah yang disebutkan juga didalam Al-qur’an. “dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanaman-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warna) dan tidak sama rasanya...” (QS. Al-An’am-:141). Delima bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah, menguatkan jantung dan mengurangi rasa letih. Bagi orang yang mudah merasa lelah dianjurkan untuk sering mengkonsumsi buah delima.
  4. Zaitun : “ ... Dia menumbuhkan bagimu dengan air hujan tanaman-tanaman, zaitun, kurma anggur dan segala macam buah-buahan, sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang memikirkan” (QS. An-Nahl: 11). Kandungan asam linoleik pada zaitu sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui. Organisasi kesehatan seperti WHO menganjurkan penduduk yang tinggal diwilayah yang tinggi tingkat penderita diabetesnya agar banyak mengkonsumsi zaitun. Hal ini mengakibatkan harga minyak zaitun di dunia cukup mahal. Zaitun juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi liver, melindungi dari radang usus dan penyakit maag dan membantupengurangan unsur LDL dalam darah. Zaitun juga mengandung vitamin A,E,D, dan K yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kadar mineral dalam tubuh.
  5. Kurma : Allah menyebutkan buah kurma dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat ke 4. “ dan dibumi ini terdapat bagian bagian yang berdampingan, kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang..” Allah mempunyai maksud tertentu dengan menyeru kita agar memperhatikan kurma. Kurma mengandung 50 % gula dalam bentuk fruktosa dan glukosa yang berkalori tinggi, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubih manusia. Kurma dapat memberi efect tenang dan mengobati rasa tertekan/stres, mengurangi tekanan darah, memperbanyak ASI dan dapat meningkatkan kesehatan janin pada ibu hamil. Kurma juga dapat melindungi tubuh dari serangan infeksi dan penyakit, menyembuhkan tekanan darah tinggi dan menyehatkan kulit. Pada ibu pasca melahirkan dianjurkan mengkonsumsi kurma, karena selain bermanfaat untuk memperbanyak ASI kurma juga bermanfaat untuk mengganti gula darah yang berkurang setelah melahirkan.

Nah sahabat.. masih banyak lagi manfaat dari buah-buahan diatas. Semuanya diciptakan untuk kebaikan manusia. Semoga informasi diatas menambah khasanah dan pengetahuan anda tentang manfaat dari buah-buahan. Dan  semoga artikel ini, dapat mengingatkan anda akan Allah Pencipta yang Maha besar dan Maha bijaksana.

1 comment:

  1. Assalamualaikum tuan, mana cerita Buah Tin. Surah AtTiin puan ada jadi saya rasa Tin juga sejenis buah yang disebut dalam Alquran, maaf kalau saya salah.

    ReplyDelete